Perhatikan Tips Memilih Perhiasan Emas Berikut Ini

Perhatikan Tips Memilih Perhiasan Emas Berikut Ini

Saat ini untuk bisa mendapatkan perhiasan emas dapat dikatakan jauh lebih mudah daripada dulu. Terdapat banyak pilihan produk yang ditawarkan dengan berbagai kualitas. Namun jika kamu ingin mendapatkan perhiasan emas dengan kualitas terbaik, kamu tidak bisa sembarang memilih. Baik perhiasan emas seperti kalung emas, cincin emas, atau perhiasan emas lainnya.

Selain itu, terdapat beberapa faktor penting yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan tersebut. Untuk itu agar tidak salah, pelajari dulu tips memilih perhiasan emas di bawah ini.

  1. Pilih Bentuk Emas

Umumnya, emas dengan bentuk lapis biasanya lebih murah daripada perhiasan dengan bentuk emas padat. Emas dengan bentuk lapisan seperti ini semakin lama akan semakin pudar seiring waktu, bergantung seberapa sering perhiasan tersebut dikenakan.

Tips pertama dalam memilih perhiasan emas yaitu kamu harus pertimbangkan lebih matang lagi sebelum membeli perhiasan berlapis emas jika kamu berniat memakainya tidak terlalu sering, jika tidak begitu maka tidak akan tahan lama.

  1. Lebih Teliti

Pada dasarnya semua perhiasan dalam bentuk emas tidak seluruhnya terbuat dari emas. Beberapa perhiasan hanya dilapisi emas dan di balik lapisan emas tersebut  merupakan besi atau jenis logam lainnya.

Hal ini hanya akan membuat mata merasa dimanjakan dengan berbagai macam bentuk perhiasan berlapis emas. Maka akan ada baiknya jika kamu menanyakan secara jelas kepada penjual. Mulai dari persenan kadar emas yang terkandung di dalam perhiasan tersebut hingga kamu cek kembali harga emas tersebut di pasaran sesungguhnya yang bisa kamu lakukan secara online.

Selain itu, hal yang penting harus kamu ingat yaitu bahwa semakin tinggi nilai karat sebuah emas maka harganya pun semakin mahal. Kemudian kamu juga harus pertimbangkan juga ketahanan dari sebuah perhiasan emas. Perlu kamu ketahui bahwa emas murni merupakan emas yang sangat rentan sekali, jadi semakin rendah kadar karat sebuah emas maka semakin tahan lama pula perhiasan tersebut.

Reaksi Fisik Pada Emas

Apabila pada kulit telinga, tangan, atau leher kamu alergi terhadap bahan nikel, maka kamu harus pastikan jenis logam di balik lapisan perhiasan emas yang kamu pilih tidak mengandung bahan nikel. Hal seperti ini biasanya terjadi saat membeli sebuah cincin, kalung emas, atau perhiasan lain.

Bahkan akan lebih baik jika kamu memilih perhiasan yang terbuat dari emas padat karena akan lebih tahan lama dan kecil resikonya menimbulkan alergi pada kulit.

Perhitungan Karat Pada Emas

Hitungan karat pada emas merupakan nilai yang menunjukkan banyaknya bagian emas murni dari total 24 karat emas yang terdapat pada sebuah perhiasan.

Misalnya, kamu membeli emas 10 karat. Hal ini berarti bahwa emas yang kamu beli mengandung sekitar 42% emas (10 dibagi 24), dan sisa kandungan lainnya yaitu bahan nikel, seng, besi dan campuran bahan lainnya.

Tentukan Tempat Penjual Emas

Selanjutnya kamu juga harus memperhatikan tempat kamu akan membeli perhiasan emas, baik kalung emas, cincin emas, atau perhiasan lainnya. Pilih tempat penjual emas yang dapat dipercaya dan usahakan juga jauh dari rumor negatif.

Kamu juga harus bisa memastikan bahwa penjual perhiasan emas ini memang tidak akan berpindah-pindah tempat. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa menukar atau menjual perhiasan itu kembali saat kamu sedang membutuhkan uang untuk kepentingan lain. Hal ini juga tidak hanya berlaku bagi kamu yang memiliki emas saja, namun jika kamu juga memiliki perhiasan berlian terbaru yang ingin kamu jual kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *