restrukturisasi KPR

Ini Tips Pengajuan Restrukturisasi KPR Bagi Debitur

Ternyata Proses Restrukturisasi KPR Mudah Dilakukan, Lho!

 

Sudah setahun pandemi COVID-19 merebak di Indonesia. Tak bisa dimungkiri, berbagai sektor mengalami penurunan, terutama perekonomian. Banyak kalangan, baik pegawai dan wirausaha merasakan dampaknya mulai dari pemotongan gaji, penurunan omset hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Pemerintah Indonesia pun mengambil langkah dengan menerbitkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK), di mana Restrukturisasi KPR menjadi upaya perbaikan yang dilakukan Bank dalam kegiatan perkreditan terhadap debitur yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajibannya. Bentuk upayanya antara lain penurunan suku bunga, perpanjangan jangka waktu, pengurangan tunggakan pokok/bunga, penambahan fasilitas, atau konversi kredit menjadi penyertaan modal sementara.

 

Salah satu bank yang ikut serta sejak awal pandemi, yaitu Bank Tabungan Negara (BTN). Dilansir detik.com, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Pahala N Mansury mengungkapkan keringanan diberikan pada debitur yang membutuhkan, terutama yang Bank BTN biayai merupakan masyarakat berpendapatan rendah (MBR). Pahala melanjutkan jika tidak semua debitur bisa mendapatkan keringanan ini. Bank BTN akan melakukan beberapa seleksi hingga mengetahui apakah debitur terdampak pandemi atau tidak. Perihal bentuk restrukturisasi, Bank BTN akan menyesuaikan kondisi debitur.

 

Adapun tiga syarat yang harus dipenuhi debitur dalam melakukan restrukturisasi kredit, yaitu debitur mengajukan permohonan, debitur yang dapat mengajukan keringanan cicilan belum pernah menunggak pembayaran atau lancar, dan debitur yang usaha/tempat kerjanya terdampak langsung atau tidak langsung, sehingga pendapatan atau penghasilannya menurun, serta tidak mampu membayar angsuran sesuai kewajiban. Bagi Anda yang ingin melakukan pengajuan keringanan KPR, yuk simak dulu tips berikut ini!

Cek Website Resmi Bank Untuk Tahu Info Lengkap

Seringkali kita jarang mengecek informasi mengenai Restrukturisasi KPR via online. Padahal tak perlu repot ke cabang bank terdekat, sebagian bank khususnya Bank BTN telah menyediakan wadah untuk pengajuan melalui website. Dimana anda diberikan kemudahan hanya dengan akses www.rumahmurahbtn.co.id  sebagai Rumah Murah BTN, kemudian lanjutkan dnegan mencari panel Restrukturisasi. Kemudian pilih jenis KPR yang pernah Anda ajukan, yakni Konvensional atau  Syariah. Nah anda juga bisa mengajukan dengan jalan kirim email dengan alamat [email protected] yang dikelola KPR Konvensional. Selain itu anda juga berkesempatan meng-email cang BTN terdekat dengan lokasi anda baik itu syariah maupun yang konvensional.

 

Terdapat 25 cabang KCS yang melayani restrukturisasi kredit, Anda bisa menyesuaikan area atau pulau tempat tinggal, yaitu area Jabodetabek yang mana terdiri dari Jakarta Harmoni kemudian Pasar Minggu, selanjutnya Tangerang, juga Bogor dan Bekasi, lanjut ke area Jawa dan juga Banten seperti Bandung, lalu Surabaya, kemudian Yogyakarta, di Malang juga ada, di Solo, ada di Semarang juga, selanjutnya Cirebon, bahkan Tasikmalaya hingga Tegal dan juga Cilegon, nah jika anda tinggal di Pulau Sumatera seperti Batam, kemudian Medan, lanjut Pekanbaru, bahkan Palembang, dan Aceh juga sudah, pulau Kalimantan ada di Balikpapan dan juga Banjarmasin, kemudian pulau Sulawesi terdapat di Kendari serta Makassar dan Untuk Nusa Tenggara Barat hanya berada di Mataram.

 

Selain melalui email, Anda juga bisa mengajukan secara langsung. Caranya mudah! Hal yang pertama harus kamu isi adalah restrukturisasi online yang disediakan, data yang diperlukan diantaranya ada nama, kemudian kantor cabang yang kamu pilih, nomor rekening kredit yang kamu punya, nomor telepon aktif, dan scan semua dokumen. Jika sudah tekan panel bertuliskan Ajukan. Maka pengajuanmu selanjutnya akan berada pada tahap diterima atau tidak. Nah usahakan kamu mempunyai nomor telpon yang aktif sehingga memudahkan kamu untuk dihubungi, mereka juga menerima pesan lewat whatsapp. Hal tersebut dibutuhkan ketika permohonan anda mendapat persetujuan dan debitur akan menerima informasi melalui cara di atas berisikan persetujuan restrukturisasi dan addendum Perjanjian Kredit (PK) atau Perjanjian Pembiayaan (PP) dari petugas Bank BTN/ Bank BTN Syariah. Untuk selanjutnya jika anda sudah setuju dengan ketentuan yang diberikan, anda bisa langsung memberikan tandatangan pada addendum PK maupun PP serta memberikannya kembali pada pihak Bank.

Segera Penuhi Dokumen Secara Lengkap

Agar memudahkan Anda dalam pengajuan keringanan KPR, sediakan semua dokumen yang dibutuhkan secara lengkap. Untuk restrukturisasi kredit dari Bank BTN, Anda perlu mengunduh ketiga formulir yang tersedia di website (Rumah Murah BTN) diantaranya form restrukturisasi, kemudian formulir yang berisikan data gaji atau penghasilan, serta formulir yang menyatakan anda salah satu yang terkena dampak oleh COVID-19. Pada formulir permohonan, Anda wajib mengisi nama, nomor identitas, alamat  angunan, nomor debitur, serta kewajiban angsuran berdasarkan Perjanjian Kredit, angsuran menunggak, alasan restrukturisasi, dan jumlah angsuran yang disanggupi.

 

Kemudian formulir penghasilan mencakup nama debitur, nomor debitur, tempat/tanggal lahir, penghasilan (penghasilan debitur, penghasilan pasangan, penghasilan lainnya), pengeluaran (biaya hidup/keluarga seperti biaya sekolah, listrik, transport, telepon, makan dan minum, lainnya, serta kewajiban lainnya seperti hutang di bank, hutang di koperasi, cicilan). Ketika ditotal, Anda bisa mengetahui kemampuan mengangsur yaitu penghasilan bersih dikali 100%. Nah jika sudah anda akan bisa tau seberapa angsuran yang bisa anda bayar setiap bulannya. Terakhir, formulir pernyataan terdampak COVID-19 berisikan nama, NIK, tempat/tanggal lahir, nomor debitur, alamat angunan dan tinggal, nomor handphone dan alamat email. Isi juga cabang kantor Bank BTN tujuan dan bidang usaha/pekerjaan/bisnis Anda.

 

Sementara itu, Anda perlu juga menyiapkan foto/scan dokumen lainnya yaitu  berupa KTP, kemudian scan ketiga formulir yang telah Anda isi. Selanjutnya tunjukkan bukti tersebut dengan melakukan swafoto/selfie bersama dengan dokumen tersebut dan KTP anda. Usahakan setiap dokumen berbeda fotonya dan harus tampak depan. Nah anda bisa kirim semua dokumen pada email yang disediakan seperti [email protected]. Dan Anda juga dipersilahkan untuk mengirimkannya pada email-email yang dimiliki KCP Syariah yang paling dekat dengan anda tinggal. Dan jangan lupa anda perlu memberikan subjek email dengan judul yang telah ditentukan dan nama file yang telah ditentukan. Yaitu judul email: Restrukturisasi BTN/Restrukturisasi BTN Syariah, Nama Lengkap dan Nomor Rekening/Nomor Pembiayaan. Setiap lampiran juga perlu diberikan nama lengkap pada urutan paling belakang.

 

Untuk tahu lebih lanjut tentang Restrukturisasi KPR BTN, segera ajukan pertanyaan via live chat dengan agen Bank BTN, yaitu Rara. Asisten Rumah Murah Bank BTN ini dapat membantu setiap pertanyaan seputar keringanan KPR. Nah jika anda bersedia melakukan live chat anda bisa menekan atau klik logo berjudul Rumah Murah BTN yang ada di kanan bawah website. Selain itu anda bisa langsung terhubung dengan mereka lewat nomor yang mereka sediakan ataupun langsung pada pusat bank BTN dengan nomor 1500-286. Semoga proses pengajuan Anda dapat berjalan dengan lancar dan tanpa halangan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *