Cari Jasa Ekspor Indonesia Ke Thailand? Simak Juga Tips Jadi Eksportir Sukses

Menjadi seorang eksportir tentu bukan perkara yang gampang, terlebih untuk bertahan di bidang tersebut. Namun bukan berarti tidak bisa asal anda tahu tips dan trik menjadi seorang eksportir. Nah dalam melakukan ekspor, eksportir tidak jauh dari yang namanya jasa ekspor. Melakukan ekspor Indonesia ke Thailand ataupun ke negara-negara lainnya tentu harus memilih yang namanya jasa ekspedisi terpercaya.

Eksportir karena jangkauan pengirimannya mencakup wilayah internasional, tentu pemahamannya harus lebih banyak ketimbang yang melakukan pengiriman barang di taraf nasional. Lalu apa saja yang harus dilakukan seorang eksportir?

 

Bisa Bahasa Asing

Minimal Seorang eksportir haruslah memahami bahasa asing salah satunya bahasa Inggris. Kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris untuk akan memudahkan anda dalam melakukan pengiriman barang. Karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional, mau tidak mau anda tentu harus melakukan komunikasi dengan pelaku usaha ekspor atau impor di negara tujuan yang sama. Memiliki kemampuan bahasa sangat penting bagi Anda yang masuk ke dunia perdagangan internasional.

 

Update Informasi

Komoditas utama Thailand dan negara-negara lainnya yang di impor dari Indonesia adalah berbagai produk terbaik negara ini. Yang harus juga anda pelajari ketika ingin melakukan impor barang adalah harus selalu mengikuti perkembangan dunia ekspor maupun impor. Anda juga harus paham trend pasar dan selalu memantau pergerakannya.

Update informasi berarti Anda juga harus aktif melakukan update regulasi pabean dalam negeri maupun luar negeri. Lakukan juga adaptasi produk dan masih banyak lagi.

 

Promosi Dengan Mengikuti Pameran

Melakukan ekspor Indonesia ke Thailand ataupun negara-negara lainnya, tentu anda tetap harus melakukan promosi banyak-banyak. Promosi yang sekarang ini masih cukup efisien adalah mengikuti pameran lokal maupun internasional. Dengan mengikuti pameran anda tentu punya lebih banyak koneksi dengan calon pembeli dari luar negeri.  Ini adalah cara jitu melakukan promosi secara offline, jadi antara promosi offline dan online harus seimbang pula.

 

Pelajari Sistem Transaksi Internasional

Ada baiknya anda juga harus belajar dan memahami sistem pembayaran internasional. Setidaknya ada mode transaksi yang cukup aman bagi anda ataupun importir. Yang pertama adalah Bank to Bank atau disebut juga dengan Letter of Credit (LC). Model transaksi ini memang penting dipelajari bagi Anda yang serius untuk melakukan usaha ekspor ataupun impor.

 

Paham Apa Saja Dokumen Ekspor

Ketika anda akan melakukan ekspor barang tentu banyak dokumen yang harus disiapkan. Ada beberapa dokumen ekspor yang harus Anda pahami fungsinya seperti packing list, bill of lading, PEB, NPE, invoice dan masih banyak lagi. Dokumen-dokumen seperti ini memang harus disiapkan supaya melakukan ekspor barang menjadi lebih lancar.

Melakukan Pengemasan

Melakukan pengemasan adalah hal yang juga penting untuk diperhatikan saat melakukan ekspor barang. Ekspor Indonesia ke Thailand ataupun negara-negara lainnya jadi semakin lancar ketika anda melakukan pengemasan yang sempurna pada barang-barang yang akan dikirim.

Pengemasan yang bagus untuk menghindari barang rusak ketika di perjalanan, apalagi saat pengiriman ke luar negeri barang harus dimasukkan ke dalam kontainer dan tertumpuk dengan barang-barang lainnya. Jadi sebaiknya dalam memilih bahan untuk pengemasan juga harus efisien.

Demikian beberapa tips menjadi seorang eksportir yang baik dan juga bisa bertahan di dunia ekspor impor. Bagi Anda yang sedang mencari jasa ekspor Indonesia ke Thailand maka bisa memilih yang paling direkomendasikan yaitu Kilo.id. Jasa ekspedisi ini terpercaya dan memiliki banyak fasilitas untuk memudahkan para konsumennya dalam pengiriman barang ke luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *