manajemen aset

4 Kelebihan Manajemen Aset dengan Aplikasi Akuntansi

Manajemen aset sebuah perusahaan merupakan hal penting yang harus kita pertimbangkan cara pengolahannya. Karena pada manajemen aset akan meliputi pengolahan perangkat manajemen, kemudian berbagai liesensi yang berhubungan dengan perusahaan, dan tentunya keamanan sebuah perusahaan juga di atur oleh manajemen aset perusahaan.

Jika hal tersebut dilakukan secara manual oleh pihak managemen, rasanya akan terlalu banyak pekerjaan yang perlu dilakukan oleh bagian manajemen. Dan akan lebih mudah jika ada aplikasi yang menyediakan fitur manajemen aset. Yang mana utamanya bisa membuat perusahaan lebih hemat waktu, kemudian uang dan tentunya mengurangi beban kerja kepala manajemen.

Aplikasi akuntansi mempunyai banyak fitur yang bisa kamu cek kelengkapannya di https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/, salah satunya yang banyak dicari adalah fitur manajemen aset. Karena dengan menggunakan fitur ini kamu akan bisa merasakan banyak kelebihan atau kelebihan yang sebanding dengan harga yang harus kamu bayar.

Nah kali ini kita akan coba mengulas terkait apa saja kelebihan sebuah menajemen perusahaan ketika menggunakan aplikasi akuntansi yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di Indonesia.

Kelebihan Manajemen Aset dengan Aplikasi Akuntansi

Saat akan menggunakan fitur manajemen aset yang ada pada aplikasi akuntansi, tentu akan lebih bijak jika seorang kepala manajemen mempertimbangkan kelebihan yang akan diperoleh saat menggunakan aplikasi ini. Nah simaklah uraian kelebihan fitur manajemen aset berikut ini yaa.

  • Pelacakan aset dapat berlangsung lebih gampang

Yang pertama tentunya saat kamu menggunakan aplikasi untuk melacak aset sebuah perusahaan tentunya hasilnya akan lebih detai, kemudian lebih rapi, dan dapat kamu buka arsipnya kapanpun dan dimana pun kamu butuh.

Ketika kamu melakukan pelacakan tentu kamu akan bisa mengatasi berbagai masalah loh. Misalnya perusahaan mengalami kerugian besar sehingga aset berkurang, maka dengan fitur ini kamu bisa melakukan analisis masalah dengan lebih detail. Selain itu masalah kebanjiran, kemudian adanya aset yang terbakar atau kecurian kamu bisa lacak dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Selain itu adanya valuasi aset dan tercatat oleh aplikasi akan bisa membantu analisis aset penting meliputi IT, kemudian manufaktur, dan sebagainya. Sehingga terjadi efisiensi kerja pada manajemen perusahaan tersebut.

  • Keseharian manajemen akan termudahkan dengan aplikasi ini

Ketika kamu melakukan pekerjaan manajemen tanpa menggunakan aplikasi tentunya aka nada banyak hal yang perlu kamu catat kemudian kamu hitung. Namun jika kamu menggunakan aplikasi akuntansi ini maka pekerjaan tersebut bisa kamu lakukan secara otomatis.

Kemudian dengan fitur menajemen aset ini, kamu juga bisa mendeteksi berapa persediaan produk atau asetmu secara akurat dan dalam waktu yang cepat. Karena biasanya pihak investor secara tiba-tiba membutuhkan laporan yang harus kamu berikan segera.

  • Nilai depresiasi aset bisa diketahui lebih awal

Sebuah nilai depresiasi akan mempengaruhi perusahaan, sehingga kamu penting untuk melakukan pengecekan secara berkala. Sehingga bisa memperkirakan tariff amortisasi secara lebih akurat dan memberikan dampak yang lebih positif pada perusahaan.

  • Bisa lebih menghemat ongkos inventarisasi

Nah jika kamu melakukan pelacakan secara berkala terhadap aset perusahaan, maka kamu akan tau kondisi aset, kemudian persediaanya apakah aman atau tidak dan secara real time kamu tahu persediaan aset perusahaan juga tanpa harus mengeluarkan biaya inventasrisasi.

Menu Pada Fitur Manajemen Aset di Aplikasi Akuntansi

Saat kamu menggunakan aplikasi akuntansi untuk menikmati fitur manajemen aset agar lebih mudah. Maka secara langsung kamu bisa menikmati menu yang ada di dalamnya, diantaranya:

  • Pertama pada lama fitur yang kamu buka di https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/ lalu kamu pilih manajemen aset. Maka kamu akan dibukakan sebuah halaman yang berisi aset yang terpending, kemudian aset yang aktif, lalu aset yang terjual, dan berbagai aset yang mengalami depresiasi.
  • Selanjutnya aset yang kamu miliki akan tersusun sesuai dengan statusnya. Masing-masing status yaitu aktif atau tidak aktif bisa kamu pantau satu per satu pada halam ini. Karena daftarnya sudah rapi dan mudah untuk dibaca.
  • Terdapat kemudahan untuk mencatat aset yang baru. Dimana kamu hanya tinggal menambah ke daftar aset. Setelah itu secara otomatis kamu akan mendapatkan perhitungan nilainya.
  • Menu depresiasi akan menyediakan kemudahan untuk perhitungannya. Dimana terdapat dua metode yang bisa kamu pakai. Diantaranya metode garis lurus atau straight line dan juga metode saldo menurun atau yang dikenal dengan reducing balance.
  • Terdapat menu penjadwalan terjadinya penyusutan otomatis dan kapan pengembaliannya akan terjadi. Biasanya penyusutan berbagai aset akan terkontrol penjadwalan dan akumulasinya pada akhir bulan.

Demikian berbagai kelebihan dan menu yang bisa kamu dapatkan di fitur menajemen aset. Masih banyak lagi fitur dalam aplikasi akuntansi yang bisa kamu tambahkan dan nikmati kelebihannya. Kamu tinggal cek apa saja fitur tersebut pada link berikut ini https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *